Topologi Jaringan Komputer dan Pengertiannya

Diposting oleh Ahmad Subhan on Jumat, 12 Oktober 2012

PENGERTIAN
Jaringan komputer merupakan sistem yang terdiri dari komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama, yaitu :
a). Membagi sumber daya, contohnya printer, CPU, Memori, harddisk.
b). Komunikasi, contoh surat elektronik, instant messaging, chatting,
c). Akses informasi, contoh web biskrowsing. Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service).

Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang membrikan layanan disebut pelayan (server).

C. KONSEP JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling dihubungkan dengan menggunakan suatu protokol komunikasi sehingga antara satu komputer dengan komputer yang lain dapat berbagi data atau berbagi sumber daya (sharing resources). Sistem jaringan ini dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :

1. Jaringan terpusat, yaitu jaringan yang terdiri dari beberapa node (workstation) yang terhubung dengan sebuah komputer pusat atau disebut server.
2. Jaringan Peer-to-Peer, yaitu jaringan yang terdiri dari beberapa komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya tanpa komputer pusat (server base).

TOPOLOGI JARINGAN
Topologi jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar komputer yang dibangun bedasarkan kegunaan, keterbatasan resource dan keterbatasan biaya. Topologi jaringan ada beberapa bentuk, antara lain :

1. Topologi Bus. Topologi Bus ini merupakan topologi yang pertama digunakan untuk menghubungkan komputer. Masing-masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir kabel harus diakhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah jarang digunakan dalam jaringan komputer biasa karena memiliki kelebihan dan kekurangan .

2. Topologi Cincin. Topologi cincin atau ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Dengan artian setiap komputer yang terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin.

3. Topologi Token Ring. Topologi ini hampir sama dengan topologi ring akan tetapi pembuatannya lebih di sempurnakan. Pada token ring kable penghubung di buat menjadi lingkaran terlebih dahulu dan nantinya akan di buatkan terminal-terminal untuk masing-masing komputer dan perangkat lain.

4. Topologi Bintang. Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub, switch, dll. satu hubungan berfungsi sebagai pusat penghubung komputer-komputer yang saling berhubungan.

5. Topologi Pohon. Topologi pohon atau di sebut juga topologi hirarki dan bisa juga disebut topologi bertingkat merupakan topologi yang bisa di gunakan pada jaringan di dalam ruangan kantor yang bertingkat. Pada Topologi ini hubungan antar satu komputer dengan komputer lain merupakan percabangan dengan hirarki yang jelas.

Informasi lainnya:
Video bisa dilihat di http://www.youtube.com/watch?v=zz-OEStfHCk
Download pdf file disini http://ebookbrowse.com/topologi-jaringan-pdf-d62675635

{ 1 komentar... read them below if any or add one }

mahasiswa teladan mengatakan...

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

Posting Komentar